Amalan Dalam Islam Untuk Ibu Hamil

Minggu, April 3rd, 2016 - Kumpulan Doa

Inilah amalan dalam Islam untuk ibu hamil, memiliki anak dalam sebuah hubungan suami istri memang sangat dinantikan karena dengan memiliki momongan, tentu suasana rumah tangga akan semakin bahagia. Kehamilan adalah proses awal dari sebuah kelahiran dan biasanya kehamilan ini adalah awal yang sangat menentukan seperti apa nantinya anak yang dilahirkan. Setiap muslim pasti menginginkan memiliki anak yang sholeh / sholehah karena dengan begitu, maka mereka akan mendoakan kita ketika kita sudah tiada. Kita tahu bahwa salah satu doa yang pasti terkabul oleh Allah adalah doa anak yang sholeh.

Semenjak awal kehamilan, istri dapat melakukan berbagai hal yang berdampak positif bagi dirinya maupun sang bayi seperti membaca doa untuk ibu hamil. Kegiatan tersebut dapat berupa amalan baik dalam agama islam. Pada saat hamil, ibu dapat melakukan berbagai amalan untuk membantu agar anaknya menjadi anak yang sholeh maupun membantu dalam hal yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa amalan dalam islam untuk ibu hamil yang dapat dipraktekkan.

Amalan Dalam Islam Untuk Ibu Hamil

  • Amalan pertama yang dapat dilakukan oleh pasangan suami istri saat mengetahui bahwa istri hamil adalah dengan bersyukur kepada Allah. Dengan mengalami kehamilan, berarti Allah telah mempercayakan kita untuk mengasuh dan merawat anak yang dititipkan ini. Untuk itu, kita harus berterima kasih kepada Allah atas apa yang diberikan.
  • Melakukan berbagai ibadah / tarbiyah semenjak kehamilan. Tarbiyah ini dapat berupa kelakukan yang baik terhadap orang lain, mengerjakan shalat wajib dengan tepat waktu, merutinkan membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Dengan melakukan hal tersebut, tentu akan berdampak baik juga pada bayi dalam kandungan. Apabila ingin memiliki anak yang sholeh / sholehah, ada baiknya untuk membaca surat Yusuf dan surat Maryam setiap harinya.
  • Amalan lainnya adalah dengan menjaga dari segala sesuatu yang sifatnya tercela. Pada saat istri sedang hamil, ada baiknya untuk menjaga mulut dari kata-kata yang kotor, kasar, dan dapat melukai hati. Ibu hamil biasanya akan meminta sesuatu sesuai dengan keinginannya dan tidak memikirkan apa akibatnya. Biasanya ibu hamil akan berperilaku semaunya sesuai dengan keinginan hatinya. Hal inilah yang seharusnya dijaga karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kehamilan. Saat sedang hamil, hendaknya kita banyak memohon ampun kepada Allah dengan beristighfar, berdzikir kepada Allah, dan menjaga diri dari perilaku yang buruk. Selain itu, perilaku yang buruk justru akan membuat ibu menjadi emosi dan rawan untuk stress. Padahal kita tahu bahwa stress pada ibu hamil akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang dikandungnya.
  • Untuk suami, sebaiknya cermatlah dalam memilih rezeki dan makanan yang akan dimakan oleh istri dan suami. Usahakan untuk mengetahui kehalalan rezeki yang didapatkan maupun makanan yang akan dikonsumsi. Makanan yang ibu makan tentu akan masuk ke perut dan akan dikonsumsi juga oleh bayi yang dikandung. Apabila makanan yang masuk adalah makanan yang haram, tentu sang bayi juga akan memakan makanan haram tersebut. Pasti kita tidak ingin anak kita mengonsumsi makanan yang bersifat haram baik dari cara mendapatkannya, sifatnya, cara memasaknya, dan yang lainnya. Untuk itu, jagalah keluarga kita agar mengonsumsi makanan yang sifatnya halal baik dari cara mendapatkan, maupun yang lainnya.
  • Mencari nama terbaik untuk anak. Amalan ini ternyata juga merupakan amalan baik yang dapat dilakukan semasa kehamilan. Carilah nama yang memiliki arti yang baik dan mengandung unsur islami. Nama pada anak adalah sebuah doa, sehingga kita harus mencarikan nama yang bagus dengan arti yang bagus pula.

Demikianlah beberapa amalan dalam islam untuk ibu hamil yang dapat dikerjakan selama masa kehamilan. Semoga dengan mengerjakan amalan baik tersebut, anak yang dilahirkan akan seperti yang telah diharapkan yakni menjadi anak yang sholeh / sholehah.


Amalan Dalam Islam Untuk Ibu Hamil | admin | 4.5
Leave a Reply