Ini,… Amalan Nabi Muhammad SAW Yang Utama

Selasa, Juli 26th, 2016 - Islami

Ini,… Amalan Nabi Muhammad SAW Yang Utama

Amal baik dalam agama Islam sangatlah banyak dan dapat dilakukan dengan berbagai cara baik cara yang sederhana dan tanpa memerlukan biaya, maupun dengan cara yang cukup sulit dan mengeluarkan biaya besar. Semua amal tersebut tentunya bertujuan agar lebih dekat dengan Allah dan dapat memperoleh manfaat maupun pahala apabila dikerjakan. Setiap amal baik yang kita kerjakan tentu akan mendapat pahala dan balasannya dan hanya Allah yang tahu balasannya atau besarnya pahala yang kita dapatkan. Namun dari berbagai amalan baik, ada beberapa amalan yang paling utama untuk dikerjakan oleh umat muslim diseluruh dunia.

 

Apa saja amalan dalam islam yang paling utama tersebut?

  • Amalan Nabi Muhammad SAW dalam islam yang paling utama pertama kali adalah shalat tepat pada waktunya. Shalat adalah kegiatan sehari-hari umat muslim dan dilakukan 5 kali dalam sehari untuk shalat wajib. Shalat tepat pada waktunya ini maksudnya adalah kita shalat wajib di awal waktu dan sebisa mungkin untuk berjamaah di masjid. Shalat wajib berjamaah ini memang sangat disarankan dan diutamakan karena derajatnya lebih tinggi berkali lipat daripada shalat munfarid atau shalat sendirian. Bahkan ada hadist yang menyebutkan bahwa shalat wajib berjamaah hukumnya adalah wajib bagi seorang muslim yang masih mendengar suara adzan. Ada lagi hadist yang menyebutkan bahwa wajibnya umat muslim shalat berjamaah di masjid adalah 40 rumah disekitar masjid. Namun ada seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah, bagaimana kalau ada orang buta yang rumahnya jauh dari masjid, apakah dia wajib menunaikan shalat di masjid berjamaah? Kemudian Rasulullah kembali bertanya kepada sahabatnya tersebut, apakah orang itu masih mendengar suara adzan? Apabila tidak, maka orang tersebut boleh shalat di rumah. Tapi apabila orang tersebut masih mendengar suara adzan, maka orang itu wajib untuk shalat berjamaah di masjid walaupun ia dalam keadaan buta. Apabila kita bandingkan dengan jaman sekarang, tentu sangat susah kita temui rumah jauh dari masjid yang sama sekali tidak terdengar suara adzan. Tentunya keadaan yang demikian seharusnya mewajibkan kita untuk shalat di masjid berjamaah.
  • Amalan islam berikutnya yang diutamakan adalah berbakti kepada kedua orang tua. Orang tua telah melahirkan kita dan merawat kita dengan sepenuh hati sehingga kita wajib untuk menghormati dan membahagiakannya. Bahkan dalam Islam, berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang diutamakan dan memiliki pahala yang besar. Tentu kita sering mendengar istilah surga berada di telapak kaki ibu. Ini artinya adalah ridhonya seorang ibu juga merupakan ridhonya Allah, sebaliknya marahnya seorang ibu juga akan menyebabkan Allah marah kepada kita. Untuk itu, bahagiakanlah ibu dan ayah kita selagi kita masih diberikan umur dan kesempatan.
  • Berjihad di jalan Allah juga merupakan amalan yang utama dalam islam. Jihad di jalan Allah artinya adalah berjuang dengan sepenuh hati untuk menegakkan islam dan hukum Allah. Jihad di jalan Allah pada jaman dahulu adalah perang melawan para Yahudi dengan menggunakan pedang dan panah. Lalu bagaimana dengan jihad pada jaman sekarang ini? Jihad di jalan Allah dapat bermacam-macam seperti berdakwah, berjihad dengan lidah (menasehati apabila terdapat kesalahan dalam ajaran atau ilmu islam), mengamalkan kebajikan dan menjauhi keburukan, dan masih banyak lainnya. Jadi berjihad bukan hanya tentang perang melawan kaum kafir, namun jihad juga bisa berupa perang melawan hawa nafsu.

 

Itulah beberapa amalan Nabi Muhammad SAW dalam islam yang diutamakan untuk kita kerjakan. Semoga dengan mengerjakan amalan tersebut, Allah akan melipatgandakan pahala untuk kita dan memudahkan dalam segala urusan.

Ini,… Amalan Nabi Muhammad SAW Yang Utama | admin | 4.5
Leave a Reply