Bacaan Doa Iftitah Untuk NU Dan Muhammadiyah Lengkap Dan Terjemahan

Kamis, Agustus 25th, 2016 - Kumpulan Doa

Bacaan Doa Iftitah Untuk NU Dan Muhammadiyah Lengkap Dan Terjemahan

Lafadz doa iftitah biasanya senantiasa kita baca setelah melakukan ibadah sholat baik itu ketika kita melakukan sholat wajib ataupun ketika kita melakukan ibadah sholat sunnah. Dan kali ini kami akan berikan bacaan doa iftitah yang senantiasa dibaca ketika shalat.

Mengenai bacaan doa iftitah sendiri ada bermacam – macam diantaranya doa iftitah untuk NU dan juga untuk muhammadiyah walau sebenarnya bacaan doa iftitah ini memiliki makna dan tujuan yang sama. Dan berikut langsung kami berikan untuk Anda informasinya!

Bacaan Doa Iftitah Untuk NU Dan Muhammadiyah

Doa Iftitah

 

 
Allaahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw-wa’ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam-muslimaw-wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Artinya :

Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya. Segala puji yang sebanyak-banyaknya bagi Allah. Maha Suci Allah pada pagi dan petang hari. Aku menghadapkan wajahku kepada Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang menyekutukan-Nya. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri (muslim).

Dan ada juga bacaan doa iftitah yang lainnya yang juga seringkali dibacakan berikut ini :
Doa Iftitah Artinya :

“Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku dengan air, salju, dan air dingin”

Doa Istiftah adalah doa yang dibaca ketika shalat, antara takbiratul ihram dan ta’awudz sebelum membaca surat Al Fatihah. Adapun hukum membaca doa iftitah dalam sholat adalah Sunnah. Diantara dalilnya yaitu adalah hadist dari Abu Hurairah berikut ini :
Doa Iftitah

Artinya :

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka aku pun bertanya kepada beliau, wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu adalah:… (beliau menyebutkan doa istiftah)” (Muttafaqun ‘alaih)

Setelah menyebut beberapa doa istiftah dalam kitab Al Adzkar, Imam An Nawawi berkata: “Ketahuilah bahwa semua doa-doa ini hukumnya mustahabbah (sunnah) dalam shalat wajib maupun shalat sunnah” (Al Adzkar, 1/107).

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Bacaan Doa Iftitah Untuk NU Dan Muhammadiyah bermanfaat.


Bacaan Doa Iftitah Untuk NU Dan Muhammadiyah Lengkap Dan Terjemahan | admin | 4.5
Leave a Reply