Bacaan Niat Doa Sahur Puasa dan Artinya

Rabu, Maret 9th, 2016 - Kumpulan Doa

Bacaan Niat Doa Sahur –  Islam mengajarkan bahwa sebuah niat merupakan sesuatu awal yang akan menjadi sebuah penentu bagi semua mala atau ibadah yang akan kita laksanakan. Demikian pula halnya dengan ibadah wajib berpuasa di bulan Ramadhan. Dimana Rasulullah bersabda : “ Sessungguhnya semua amal itu (syah atau tidaknya) tergantung pada niat melakukannya dan setiap orang hanya akan mendapat sesuai apa yang ia niatkan “.

Dijaman serba modern ini sudah banyak cara untuk membangunkan kita untuk bersantap sahur di bulan suci ramadhan. Seperti contohnya dengan alarm, dengan klonengan dijalan dan banyak lagi alat untuk bisa membangunkan kita dari tidur. Berpijak dari sabda Rosulullah itulah menjalankan ibadah sahur dalam berpuasa di bulan Ramadhan, seharusnya juga kita awali dengan sebuah doa yang berisi sebuah niat untuk menjalankan ibadah puasa itu sendiri . Sedangkan lafadz doa yang dapat kita jadikan sebagai sebuah niat pada waktu kita melakukan sahur adalah :

NAWAITU SHOUMA GHODIN  ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HADIHISSANATI LILLAAHI TA’ AALAA ( Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta ‘ala)

 

Sahur merupakan sebuah ibadah yang dianjurkan selain buka puasa di bulan puasa untuk kita lakukan karena di dalam sahur tersebut sesungguhnya terdapat hikamah – hikmah di dalamnya. Yang salah satunya adalah hikmah keberkahan yang akan bianugerahkan Allah di dalam hidup kita. Hal tersebut dapat dijelaskan berdasar penuturan Abdullah bin Al-Harist yang merupakan salah satu sahabat Rosulullah dimana Rosulullah bersabda : “Sesungguhnya makan sahur adalah barokah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan “ ( Hadits Riwayat An Nasa’I ). Untuk itu jangan lupa membaca bacaan niat doa sahur puasa agar mendapatkan pahala.

Dengan berpijak pada sebuah Hadits di atas, maka sudah semestinya di dalam menjalan ibadah puasa Ramadhan, sahur merupakan sebuah sunnah yang seharusnya kita berusaha untuk melakukannya meskipun sesunggunya sahur yang kita lakukan hanyalah dengan meneguk segelas air ataupun secuil makanan yang kita miliki. Seperti yang dikatakan oleh Abu Sa’id Al Khudri, bahwa Rosulullah bersabda : “ Sahur itu makanan yang barokah, janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya meneguk setengah gelas air, karena Allah dan malaikat – malaikatNya bersholawat kepada orang – orang yang sahur “

 

Dari uraian di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa sahur harus kita walai dengan sebuah doa yang merupakan niat untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang sesungguhnya dengan mengucapkan niat akan lebih menyempurnakan ibadah puasa yang akan kita laksanakan. Dan dengan melakukan sahur, sesungguhnya Allahpun akan melimpahkan berkah di dalam hidup kita. Semoga bacaan niat doa sahur puasa diatas bermanfaat, amin


Bacaan Niat Doa Sahur Puasa dan Artinya | admin | 4.5
Leave a Reply