Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Bacaan… Dan Artinya

Senin, Maret 7th, 2016 - Kumpulan Doa

Doa Buaka Puasa Ramadhan – Setelah mejalankan ibadah puasa Ramadhan seharian, berbuka puasa merupakan sebuah hal yang banyak dinanti – natikan oleh banyak umat Isalam yang menjalankan ibadah puasa ini. Dimana banyak di antara mereka melakukan berbagai kegiatan yang memiliki makna positif sebagai amalan untuk menambah kesempurnaan ibadah puasa yang mereka lakukan. Membaca ayat- ayat suci Al Qur’an adalah salah satu contoh aktifitas yang sangat dianjurkan dalam menanti  datangnya saat berbuka puasa. Yang sesungguhnya akan mampu meningkatkan keimanan yang tertanam di dalam hati setiap umat Islam.

Berbuka puasa di bulan Ramadhan hakikatnya adalah merupakan sebuah ibadah yang ditujukan untuk membuka dari pada ibadah puasa itu sendiri. Yang dalam hal ini dapat diartikan sebagai sebuah tindakan untuk membatalkan puasa Ramadhan, yang dalam pelaksaanaan tentunya kita lakukan setelah datangnya saat Maghrib. Dan segera berpuasa setelah datang waktunya untuk berbuka adalah merupakan sebuah sunnah, yang hal tersebut diterngkan dalam sebuah hadits riwayat At Tarmidzi  bahwa Rosulullah bersabda   “ Allah azza wa jalla berfirman : Hamba yang paling Aku cintai adalah yang paling menyegerakan berbuka 

Makan dan minum adalah salah satu cara untuk melakukan berbuka puasa yang, dimana sebelum kita disunnahkan untuk membaca sebuah doa sebagai doa pembuka berbuka puasa sebagi amalan yang merupakan ucapan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita.

DOA BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN

Sebuah doa yang lazim diucapkan oleh umat Islam di Indonesia  adalah sebuah doa yang berbuanyi :

ALLAHUMMA LAKASUMTU,  WA BIKA AMANTU, WA ‘ALAA RIZQIKA AFTHORTU, BIROHMATIKA, YAA ARHAMARROOHIMIIN Ya Allah, karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa) dengan rahmatMu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih )

Namun selain dengan menggunakan doa di atas, sesungguhnya terdapat doa yang lainnya yang dapat kita jadikan sebagi doa untuk mengawali ibadah berbuka puasa di bulan Ramdhan. Seperti ditengkan Umar Radhiallahu ‘anhu :

KAANA ROSULLULLAHISHOLLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM, IDZAA AFTHORO QOOLA  : DZAHABADHOMA ‘U, WABTALLATIL ‘URUQU, WATSABVATI L  AJRU INNASYA ALLAH  ( Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila beliau berbuka puasa beliau membaca : Dzahabadz dzoma’u, Wbtallati ‘Uruquu wa Tsaballatil ajru, Insya Allah )

Berdasar penuturan Umar Radhiallahu ‘anhu, doa berbuka puasa Ramadhan yang benar adalah :DZAHABADH DHOMA’U, WABTALLATI ‘URUUQU WA TSABAL AJRU, INSYA ALLAH ( Telah hilang dahaga, urat – urat telah basah dan telah diraih pahala, insya Allah )

Sebagai umat muslim, kita dapat memilih salah satu doa di atas untuk kita amalkan pada saat kita akan melakukan berpbuka puasa. Tidak perlu berdebat tentang doa yang mana yang lebih benar untuk kita amalkan. Sedang untuk mengetahui lebih jelas tentang kebenarannya tentunya akan lebih tepat apabila kita menanyakan hal tersebut kepada seorang kyai maupun seorang ustadz yang tentunya akan lebih memahami hukum – hukum di dalam ajaran agam Islam. Semoga doa buka puasa ramadhan ini bermanfaat bagi semua, amin.

Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan, Bacaan… Dan Artinya | admin | 4.5
Leave a Reply