Doa Naik Kendaraan Umum Maupun Pribadi

Jumat, Desember 11th, 2015 - Kumpulan Doa

Kecelakaan adalah teman sejati naik kendaraan, kalau tidak di tabrak ya nabrak, untuk itu selalu baca doa naik kendaraan agar selalu diberi keselamatan. Kita hanya bisa menentukan tapi Allah-lah yang maha menentukan, biarpun kita hati-hati kayak bagaimana kalau ada orang lain dengan sembrono mengendarai tungganya maka bisa saja kecelakaan itu tidak bisa dihindarkan. Selalu waspada dan selalu hati-hati adalah pokok semua permasalahan.

Kalau jaman dahulu kendaraan yang digunakan berupa unta, kuda ataupun keledai tetapi bisa melihat dan jika ada rintangan bisa menghindar sendiri, berbeda dengan sekarang yang berupa mobil, motor, pesawat, kapal, dan masih banyak lagi jenis kendaraan yang muncul silih berganti. Nah kendaraan jaman modern ini haruslah di kendalikan oleh sang pengemudi yang intinya semua kontrol di tangan pengemudi. Karena semua control dikendalikan oleh sang driver maka resiko kecelakaan semakin besar, karena pengemudi yang berupa manusia memiliki banyak sekali kelemahan.

 

Tujuan Membaca Doa Naik Kendaraan

Tingginya angka kecelakan sekarang memang disebabkan oleh faktor manusia atau human error sehingga tak ayal lagi agar terbentuk sebuah keselamatan dan kenyamanan dalam mengendarai haruslah kita cek kesiapan pengemudi dan kesiapan kendaraan. Nah untuk itu kita sebagai manusia yang tempatnya salah dan lupa kita seharusnya selalu berdoa dan memohon untuk keselamatan diri kita dan juga orang lain. Nah tujuannya adalah kita diberikan keselamatan sejak kita berangkat sampai kita pulang dengan ridho Allah

 

Sebagai seorang muslim kita hendaknya selalu membaca doa naik kendaraan supaya diberikan keselamatan dan keberkahan, seperti dalil dalam hadits riwayat Imam Muslim: (2392) dari Ibnu Huzaimah menyatakan bahwa Rasulullah selalu membaca doa ketika akan berpergian dan naik kendaraan (unta atau kuda atau keledai) berikut:

 

Doa Naik Kendaraan

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺳَﺨَّﺮَ ﻟَﻨَﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻭَﻣَﺎ ﻛُﻨَّﺎ ﻟَﻪُ ﻣُﻘْﺮِﻧِﻴﻦ ﻭَﺇِﻧَّﺎ ﺍﻟ ﺭَﺑِّﻨَﺎ لَمُنقَلِبُونَ

Bacaan Latin: Subhaanal ladzii sakhkhorolanaa haadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa Robbanaa lamunqolibuun)

Artinya : Maha Suci (Tuhan) yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

 

Adab Membaca Doa Naik Kendaraan

Memang berdoa yang baik adalah dengan berniat ikhlas dan menyerahkan semua kepada Allah serta memberikan pujian dan sanjungan kepada Allah dan memang beliau memang pantas mendapatkannya. Selanjutnya kita meminta doa hajat kita apa saja yang ingin kita minta. Terakhir kembalikan semua kepada tuhan serta berserah diri karena semua yang berkuasa adalah Allah Subhanahu Wata’ala.

 

Nah dengan membaca doa tersebut tentunya kita juga tidak boleh seenaknya semau kita, tetap waspada selalu hati-hati serta sabar adalah kunci keselamatan dari semua itu.

Waspada: kita harus selalu terjaga dan siap sedia jika terjadi hal hal yang tidak kita inginkan

Hati-hati: di jalanan kota besar banyak orang yang tidak sabaran jadi banyak juga yang selalu bersikap sembrono sehingga akan mengakibatkan kecelakaan bagi orang lain.

Sabar: tidak usah terburu-buru, berikan kelonggaran waktu. Jika tempat yang dituju jauh dan macet usahakan berangkat lebih awal.

 

Semoga doa naik kendaraan tersebut bermanfaat dan bisa anda gunakan sebagai doa doa sehari hari yang mustajab. Beritahu ke saudara anda atau juga teman-teman anda tak lupa kasih juga ke orang orang tercinta anda, agar mereka diberikan keselamatan dalam berkendara.

Doa Naik Kendaraan Umum Maupun Pribadi | admin | 4.5
Leave a Reply