Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya, Simak yuk…

Senin, Maret 7th, 2016 - Kumpulan Doa

Doa Niat Puasa Ramadhan – Marhaban Ya Ramadhan! Bulan Ramadan adalah bulan suci bagi umat Islam di dunia. Dimana di dalam bulan Ramadhan terdapat berbagai keistimewaan. Wahyu kitab suci Al Qur’an untuk pertama kalinya  turun di bulan Ramadhan ini. Dimana Al Qur’an menjadi Kitab Suci bagi umat Islam sebagai pedoman dan penuntun dalam menjalani kehidupan di dunia hingga di akhirat nanti.

“ Bulan Ramadhan adalah bulan – bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Qur’an adalah petunjuk bagi umat manusia dan penjelan – penjelasann mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak yang bathil ) “  (QS. Al Baqarah Ayat 185)

 

Puasa sebentar lagi mari kita bersiap-siap untuk meningkatkan amal ibadah kita, karena semua yang kita kerjakan akan dicatat sebagai amal ibadah jika kita ikhlas menjalaninya. Sehingga kita akan sangat mudah mendapatkan pahala di bulan suci ini. Bahkan tidurnya orang yang berpuasa wajib merupakan ibadah.

Berdasar dari ayat di atas maka adalah sebuah ibadah yang sangat mulia apabila di dalam bulan Ramahan, kita sebagai umat Isalam memperbanyak membaca ayat – ayat Al Qur’an serta memahami serta mendalami kandungan serta makna setiap ayat di dalamnya. Karena dengan begitu kita akan semakin memahami tentang perintah – perintah Allah dan segala hal yang menjadi laranganNya.

 

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana setiap umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah berpuasa satu bulan penuh, yang selanjutnya ibadah puasa tersebut menjadi sebuah rukun Islam. Yang tepatnya merupakan rukun Islam yang ke empat. Untuk itu dalam membaca doa niat puasa ramadhan haruslah yang benar.

YAA AYYUHALLADZINA AMANUU KUTIBA ‘ALAIKUMUSSIYAAMU KAMAA KUTIBA ‘ALALLADZIINA MINQOBLIKUM LA’ALLAKUM TATAQUUN

“ Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang  – orang sebelum kalian agar bertaqwa “ (QS Al Baqarah Ayat 183)

Di dalam Surah Al Baqarah Ayat 183 tersebut menerangkan kepada kita bahwa Allah memberikan perintah bagi mereka tang beriman. Sehingga sesungguhnya Allah tidak akan pernah menerima ibadah puasa Ramadhan yang dijalankan oleh umat yang tidak memiliki keimanan. Dimana makna keimanan telah dijelasakan oleh Rasullullah Sholallahu ‘alaihi wasallam : “ Iman adalah engaku mengimani Allah, MalaikatNya, mengimani Kitab – Kitabnya, mengimani RosulNya, mengimani hari kiamat, mengimani qadha dan qodar, yang baik maupun yang buruk 

 

Melalui Surah Al Baqarah Ayat 183 tersebut maka menjdi sebuah dasar seseorang untuk diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Dimana syarat wajib berpuasa tersebut antara lain adalah ; beragama Islam, sudah baligh, berakal, tidak sedang dalam perjalanan, dan orang tersebut kuat atau sanggup untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Didalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, membaca niat berpuasa merupakan sebuah rukun yang harus diamalkan. Dimana niat harus dibaca sebelum kita melakukan ibadah makan sahur .

DOA NIAT PUASA RAMADHAN

Berikut adalah lafadz doa yang merupakan sebuah niat untuk menjalankan ibadah berpuasa di bulan Ramadan :

NAWAITU SHAUMAGHODIN, ‘AN ADAA I , FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HADZIHISSANATI LILLAAHI TA’ALAA

“ Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala 

 

Dari uraian di atas, maka sebagai umat Muslim kita harus dengan keikhlasan menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang sebelumnya harus kita awali dengan sebuah doa yang merupakan niat untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan tersebut. Semoga Allah senantiasa menjadikan kita sebagai hamba yang selalu beriman kepadaNya. Amiin. Dan kumpulan doa mustajab berharap dengan adanya doa niat puasa ramadhan ini bermanfaat.


Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya, Simak yuk… | admin | 4.5
Leave a Reply