Doa Penenang Hati dan Pikiran Dalam Kesusahan

Sabtu, Maret 26th, 2016 - Kumpulan Doa

Doa penenang hati – Amalan doa adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah supaya diberikan ketenangan hari dan pikiran. Karena sesungguhnya dalam kehidupan manusia segala sesuatunya hanya Allah yang akan menentukannya. Allah akan selalu bersama orang-orang yang senantiasa mengingatNya dan selalu memohon pertolongan hanya kepadaNya.
Persoalan hidup dan masalah akan selalu datang menghiasi pada setaiap sisi kehidupan umat manusia. Baik itu besar maupun kecil, sebuah masalah yang menghampri kehidupan seorang umat manusia harus mampu disikapi dan diatasi dengan sikap kepasrahan dan tawakal kepada Allah. Karena pada hakekatnya masalah serta persoalan yang ada hanyalah karena kehendak dari Allah. Allah selalu memberi cobaan dalam bentuk apapun, telah disertai pula dengan berbagai jalan keluar.Tinggal kita sebagai manusia makhluk citaanNya dituntut untuk selalu beriman kepadaNya dan selalu mohon pertolongan kepadanya, dengan memanjatkan dzikir dan do’a kepadaNya. Dimana Allah telah berjanji di dalam Al-Qur’an Surat Ghafir ayat 60 :  “ Dan Tuhanmu berfirman :Berdoalah kepadaKu,niscaya akan Aku perkenankan bagimu.Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina ”

Seorang manusia terkadang akan merasakan sesuatu kegelisahan serta hati yang tidak tenang pada saat menghadapi sebuah cobaan hidup. Akan tetapi kita sebagai umat yang beriman dan bertaqwa hendaknya harus mampu menhadapi segala masalah dengan hati yang tenang dan tetap istiqomah.Hal itu dapat kita dapatkan dengan kita melakukan dzikir dan do’a kepada Allah, agar ketenangan hati kita dapatkan dan jalan keluarnyapun akan segera diberikan oleh Allah.

Kami pada kesempatan kali ini akan memberikan sebuah panduan dzikir dan do’a yang dapat kita amalkan,s ebagai amalan penenang hati kita agar hati kita tetap tenang dan tawakal dalam setiap menghadapi masalah dalam kehidupan.

 

Berikut adalah beberapa bacaan doa penenang hati dan pikiran dalam kesusahan dan langkah yang dapat kita lakukan sebagai amalan yang dapat membuat hati kita selalu tenang :

1.Pertama kita kerjakan sholat hajat dua reka’at

2.Setelah selesai mengerjakan sholat Hajat kita bertawasul dengan membaca Surat Al-Fatihah yang kita hadiahkan kepada Rosullullah Muhamad SAW bserta keluarga dan sahabatnya,Syekh Abdul Qodir Jailani,Syekh Qadha Abdul Hamid Qadhis Syam,Syekh Syamsul Arifin, kedua orang tua kita serta seluruh umat Islam (muslimin&muslimat)

3.Sesudah itu kita membaca Istighfar sebanyak 33 kali

4.Kemudian kita baca Sholawat Nabi  sebanyak 33 kali :

Allahummasholli’alaa sayyidinaa Muhammad,sholatarridloo warda’an ash haabihirridloo (Ya Allah,berikan karunia atas junjungan kami Muhammad shallallaahu’alaihi wasallaam kesejahteraan yang diridloi dan ridloi pula para sahabatnya)

5.Setelah kita bersholawat,selanjutnya kita melakukan wirid sebanyak 500 kali :

Yaa shaahibii ‘indakullisyiddatin,Yaa ghoyyaasi ‘indakullikuebibatin, washolli’ala sayyidina Muhammadin, waja’alli nimamri farjanwamakhrojaa (Wahai Yang dekat denganku dan penolongku senantiasa mengetahui kesulita dan kesusahan, berilah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad shallallaahu’alaihi wasallaam, jadikanlah urusanku mudah dan memiliki jalan keluar)

  1. Dan sebagai langkah terakhir kita membaca doa penenang hati yaitu memohon kepada Allah agar segala kesulitan kita, segala masalah yang sedang kita hadapi agar cepat mendapat jalan keluar, sehingga kita kembali dapat hidup lagi dalam ketenangan dengan hati yang tentram, dengan membaca sebuah doa :

 

“ Allahumma innni ‘abduka, ibnu ‘abdika, ibnu umatika nashiyati biyadika, madhin fi hukma, ‘adlun fi qadla uka. As aluka bikulli ismin, huwa laka, sammaitu bihi nafsaka, au anazaltahu fi kitabika, au ‘alamtahu ahadan minkhokika, awis ta’tsarta bihi fi ‘ilmi ghoibi indaka, an taj’alal qura’an robbii’a qolbi wa nuuro shadri, wa jala a huzni, dzihaba hammi “ ( Ya Allah, Sesungguhnya aku adalah hambaMu(Adam), dan anak hamba perempuanMu(Hawa). Ubun-ubunku di tanganMu, keputusanMu berlaku padaku, qadhaMu kepadaku adalah adil. Aku mohon kepadaMu dengan setiap nama (baik) yang telah Engaku gunakan untuk diriMu, yang Engkau turunkan dalam KitabMu, Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhlukMu atau yang Engkau khusukan untuk diriMu dalam ilmu ghoib di sisiMu, hendaknya Engaku jadikan Al Qur’an sebagai penentram hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap duka dan kesedihanku )

 

Begitulah doa penenang hati dan pikiran dalam kesusahan di dalam Islam yang dapat kita amalkan untuk mendapatkan ketenangan hati pada saat kita mengahadapi maslah-masalah dalam kehidupan kita sehari-hari.Semoga apa yang kami  sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua.Amin.


Doa Penenang Hati dan Pikiran Dalam Kesusahan | admin | 4.5
Leave a Reply