Doa Setelah Sholat Dhuha Itu Penting, Ini Bacaanya

Kamis, Maret 16th, 2017 - Kumpulan Doa

Sholat Dhuha

Bacaan doa setelah sholat dhuha memang sangat banyak di cari kaum muslimin semua, karena dengan membaca doa ini sangatlah penting dalam menjalankan ibadah sholat sunnah dhuha. Baik laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh atau cukup umur di sunahkan mengerjakan sholat dhuha. Nah, tahukah apa saja manfaat mengerjakan sholat ini berdasarkan rakaat:

MANFAAT SHOLAT DHUHA

SHALAT DHUHA 2 RAKAAT : “Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditetapkan termasuk orang-orang yang lengah.

SHALAT DHUHA 4 RAKAAT :Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia tetapkan termasuk orang-orang yang ahli ibadah.

SHALAT DHUHA 6 RAKAAT :Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu.

SHALAT DHUHA 8 RAKAAT :Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh.

SHALAT DHUHA 12 RAKAAT:Dan barangsiapa mengerjakan shalat dua belas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga.

 

HUKUM MENGERJAKAN SHOLAT DHUHA 

Dari Abu Hurairah ra. berkata, “Kekasihku (Rasulullah saw) berwasiat kepadaku dengan tiga perkara yang tidak akan aku tinggalkan sampai aku mati; puasa tiga hari pada setiap bulan (ayyam al-bidh’), Sholat Dhuha dan sholat witir sebelum tidur.” (HR Bukhari).

CARA MELAKUKAN SHOLAT DHUHA
Penting di lakukan adalah: Niatkan dalam hati untuk Sholat Dhuha, karena kalau tidak ada niat maka tidak akan pernah terlaksana. Kemudian Takbir (Takbirotul Ihrom) seperti sholat fardlu. Pada saat anda mengucapkan ‘Allahu Akbar’.
  1. Baca Do’a iftitah
  2. Baca Fatihah
  3. Baca Surat lain selain al-fatihah.
  4. Lakukan sebagaimana seperti sholat biasa lainnya.
Sholat ini Anda lakukan 2 rokaat. Bila Anda melakukan 4 rokaat, 6 rokaat atau 8 rokaat. Lakukan 2 rokaat salam. 2 rokaat salam.
Doa Setelah Sholat Dhuha

Sholat Dhuha

DOA SETELAH SHOLAT DHUHA

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

ALLAAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAAHUMA INKAANA RIZQII FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WAINKAANA HARAAMAN FATHAHHIRHU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIBHU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAA-IKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIIN.

Artinya: Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.

 

Setelah mengerjakan semua di atas, anda bisa membaca doa dzikir setelah sholat dan bacaan doa doa lainnya.

Doa Setelah Sholat Dhuha Itu Penting, Ini Bacaanya | admin | 4.5
Leave a Reply