Inilah Amalan Mendapatkan Rezeki Dalam Islam

Minggu, April 17th, 2016 - Islami

Amalan mendapatkan rezeki dalam agama Islam

Banyak sekali doa atau amalan-amalan baik yang mudah maupun yang membutuhkan banyak usaha untuk mencapai sesuatu. Amalan dalam islam memang sangat banyak jenisnya dan dari satu amalan saja ternyata dapat mendapatkan berbagai kebaikan baik berupa pahala maupun balasan yang lebih dari Allah swt. Misalnya saja adalah amalan untuk memudahkan atau mendapatkan rezeki pada diri kita.

Dalam Islam, ada beberapa hal yang sudah diatur dan dijamin oleh Allah yaitu kelahiran seseorang, kematian seseorang, jodoh seseorang, dan rezeki seseorang. Jadi, semua umat muslim di dunia ini wajib meyakini bahwa rezeki itu sudah diatur oleh Allah dan sudah disediakan. Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak mau berusaha atau mencari rezeki. Walaupun rezeki kita sudah diatur oleh Allah, namun kita haruslah tetap mencari dan berusaha agar mendapatkan rezeki. Dalam Islam, kita disuruh agar berusaha untuk menjemput rezeki yang sudah disediakan dimulai dari selepas shalat Subuh. Namun agar rezeki kita lebih dimudahkan oleh Allah, ada beberapa amalan baik yang dapat kita kerjakan sehingga rezeki akan lebih mudah datang kepada kita. Berikut ini adalah beberapa doa dalam Islam yang dapat mendapatkan rezeki pada kita.

Amalan Mendapatkan Rezeki

  • Shalat Dhuha. Shalat Dhuha ini merupakan shalat sunnah yang bisa anda kerjakan untuk memudahkan datangnya rezeki kepada kita. Untuk waktu pelaksanaannya, shalat Dhuha dilaksanakan pada pagi hari setelah terbit fajar kira-kira pada jam 8 pagi sampai jam 10 atau jam 11. Jumlah rokaat shalat Dhuha adalah berjumlah genap mulai dari 2 rokaat, 4 rokaat, dan seterusnya. Semoga dengan rutin melaksanakan shalat ini, rezeki kita lebih dimudahkan dan didekatkan oleh Allah swt.
  • Tentu kita pernah mendengar kalimat bahwa kita tidak akan pernah menjadi miskin hanya karena bersedekah, namun justru kebalikannya. Kalimat tersebut memang benar adanya. Dengan bersedekah ternyata harta yang kita miliki tidak akan habis, justru akan bertambah karena Allah yang membalasnya. Namun pada saat bersedekah, usahakan agar ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan apapun kecuali untuk mendapatkan ridho dari Allah. Dalam bersedekah, ada baiknya untuk menyedekahkan harta terbaik anda. Misalnya, apabila terdapat uang 50 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah di kantong, lebih baik menyedekahkan yang 50 ribu atau justru menyedekahkan keduanya. Harta yang kita sedekahkan tersebut pastilah akan diganti berkali-kali lipat oleh Allah asalkan kita ikhlas dan tidak ada tujuan lain selain mengharap ridhonya. Di Indonesia ini banyak orang yang kaya karena melakukan amalan shalat Dhuha dan bersedekah secara rutin. Perlu diketahui, dalam bersedekah tidak harus yang disedekahkan berupa uang. Kita bisa bersedekah dalam berbagai bentuk seperti baju, makanan, tenaga, dan pikiran. Selama yang kita berikan adalah sesuatu yang bermanfaat dan mempunyai nilai dimata orang yang membutuhkan, maka hal tersebut termasuk dalam sedekah.
  • Infak di jalan Allah. Mungkin banyak yang bingung tentang perbedaan antara infaq dan shadaqah atau sedekah. Secara umum, sedekah dilakukan secara meluas sedangkan infaq dalam hal yang lebih sempit. Jadi apabila seseorang infaq, belum tentu ia bersedekah. Namun apabila ia bersedekah bisa juga ia termasuk infaq. Infaq di jalan Allah atau fi sabilillah merupakan salah satu amalan baik yang dapat dilakukan agar rezeki kita dimudahkan.
  • Memperluas silaturahim adalah salah satu amalan mendapatkan rezeki yang manjur. Ternyata dengan memperbanyak silaturahim, rezeki kita dapat dipermudah oleh Allah. Ini berdasarkan pada hadist riwayat Bukhori bahwa siapa yang ingin dilapangkan rezeki dan dipanjangkan umur, hendaklah ia bersilaturahim.

Itulah beberapa amalan dalam Islam yang bisa anda kerjakan untuk mendapatkan rezeki. Dengan melakukan hal tersebut secara rutin, InsyaAllah Allah akan mempermudah rezeki kita dan melapangkannya.

Inilah Amalan Mendapatkan Rezeki Dalam Islam | admin | 4.5
Leave a Reply