Makna Sholat Dzuhur Beserta Pembagian Waktunya

Rabu, Agustus 24th, 2016 - Sholat

Makna Sholat Dzuhur

Makna Sholat Dzuhur Beserta Pembagian Waktunya

Kali ini kami akan menjelaskan tentang makna sholat dzuhur mulai dri mengapa dinamakan dengan sholat dzuhur, kapan waktu yang tepat saat masuknya sholat dzuhur, dan juga pembagian waktu lengkap buat Anda yang diambil dari kibab “Takriratussadidah” karangan dari Alhabib Zein bin Ibrahim bin Smith yang ditulis ulang oleh Al ustad Hasan Alkaf.

Dinamakannya sholat dzuhur sebab dikerjakan diwaktu yang terang dan dinamakan dengan sholat dzuhur ini dikarenakan sholat yang pertama kalinya dikerjakan secara terang-terangan diwaktu awal berdirinya ajaran agama Islam, jumlah rakaan di dalam sholat dzuhur ini adalah 4 rakaat. Waktu masuk sholat dzuhur adalah ketika tergelincirnya matahari dan juga waktu keluar sholat dzuhur tersebut adalah saat bayangan suatu benda jadi sama dengan benda tersebut, selain bayangan istiwak, maka tak dihitung bayangan suatu benda saat istiwak.

Contoh dari gambaran waktu keluar sholat dzuhur ini adalah bila bayangkan seseorang diwaktu istiwak sekitar 4 jari dan juga tinggi orang tersebut adalah 2 m, maka dapat dikatakan waktu keluar dzuhur bila bayangan tersebut berukuran 2 m lebih dari 4 jari. Nah, waktu pelaksanaan sholat dzuhur ini sendiri terbagi ke dalam 6 bagian, namun untuk lebih lengkapnya silakan Anda simak ulasan berikut ini.

Waktu sholat dzuhur yang harus Anda tahu

Waktu fadhilah : waktu paling utama

Dari waktu awal masuknya sholat dzuhur hingga sekitar ukuran persiapan ketika ia akan memulai sholat.

Waktu ihtiar

Mulainya dari awal waktu masuknya sholat dzuhur hingga tersisa seukuran waktu yang bisa mencukupi untuk sholat dzuhur.

Waktu jawas

Mulai dari awal waktu masuknya sholat dzuhur hingga tersisa seukuran waktu yang mencukupi untuk pengerjaan sholat dzuhur.

Waktu haram

Waktu haram ini adalah tidak mencukupi dari waktu itu seukuran sholat dzuhur.

Waktu udzur

Ini adalah waktu sholat ashar secara keseluruhan.

Waktu darurat

Ini adalah bagi seseorang yang menstruasi dan juga nifas atau pun semisal mereka, pada saat hilang penghalang untuk mengerjakan sholatnya, dan tersisa waktu hanya untuk takbiratul ihram.

Nah, itulah tadi informasi tentang makna sholat dzuhur beserta pembagian waktunya yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya. Semoga saja bisa bermanfaat dan juga menambah ilmu serta jadi referensi bagi para pembaca semuanya.

Makna Sholat Dzuhur Beserta Pembagian Waktunya | admin | 4.5
Leave a Reply