Tata Cara Gerakan Sholat Sehari-Hari Bagian Dua

Rabu, Agustus 31st, 2016 - Sholat

Tata Cara Gerakan Sholat
Tata Cara Gerakan Sholat Sehari-Hari Bagian Dua

Ya, dalam tata cara gerakan sholat sehari – hari memang tidak hanya berdiri tegak, takbiratul ikhrom, dan bacaan al-qur’an saja yang perlu kita perhatikan. Akan tetapi tata cara gerakan sholat sampai salam juga sangat penting untuk diperhatikan. Dan berikut ini kami akan lanjutkan penjelasan dari bagian pertama untuk Anda.

Tata Cara Gerakan Sholat Sehari-Hari Bagian Dua

Ruku’

Ruku’ ini dilakukan dengan membungkuk seraya kedua tangan memegang lutut. Anda perlu untuk upayakan agar punggung benar – benar berada horizontal lurus kemudian bangkit dari ruku’ seraya Anda mengangkat kedua tangan dengan sejajar bersama kedua bahu sambil Anda baca “sami’allahuliman hamidah”

Selanjutnya kedua tangan memegang dua lutut dan aktivitas ruku ini bisa meratakan tulang punggung. Upayakan jangan Anda mengangkat kepala seperti kebanyakan orang melakukan ruku yang sebenarnya ini tidak sepenuhnya tepat dan jangan juga Anda terlalu membungkukkan kepala. Upayakan jari – jari tangan Anda hendaknya dalam kondisi terbuka. Ada baiknya pandangan mata Anda ketika sholat mengarah ke tempat sujud dan tidak melirik ke arah manapun. Jangan juga Anda memejamkan mata akan tetapi Anda harus melakukan sholat dengan mata yang terbuka.

Sujud

Sujud dilakukan seraya mengucapkan Allahu Akbar. Sujud kembali dengan bertumpu kepada tujuh anggota sujud diantaranya dahi, hidung, dua telapak tangan, dua lutut dan juga ujung dua telapak kaki Anda. Ketika melakukan sujud ada baiknya untuk Anda pastikan supaya dahi dan juga hidung benar – benar mengenai lantai dan tidak boleh sampai terhalang sesuatu. Jangan Anda merenggangkan bagian atas lengan dari samping badan dan jangan meletakkan lengannya ke lantai serta mengarahkan ujung jari – jarinya ke arah kiblat.

Duduk iftirasy

Anda bangkit dari posisi sujud seraya Anda ucapkan Allahu akbar. Kemudian Anda melakukan duduk iftirashy ini yaitu yang bertumpu pada kaki kiri dan duduk diatasnya sembari Anda tegakkan telapak kaki kanan. Kemudian Anda lanjutkan sujud seperti biasa dan bangkit untuk melakukan rakaat kedua sholat sembari bertakbir. Setelah itu seperti pada rakaat pertama hanya saja Anda lakukan tanpa Anda membaca doa iftitah kembali.

Jika Anda selesai rakaat kedua, ada baiknya Anda duduk dan selesaikan tasyahud. Jika shalatnya hanya dua rakaat maka membaca tasyahud kemudian membawa shalawat dan salam.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Tata Cara Gerakan Sholat Sehari – Hari Bagian Dua bermanfaat. Yuk ajarkan semuanya tentang Islam pada anak sejak dini beserta bacaan doanya.


Tata Cara Gerakan Sholat Sehari-Hari Bagian Dua | admin | 4.5
Leave a Reply